• UGM
  • FIB
  • SIMASTER
  • eLOK
  • PERPUSTAKAAN
  • UGMail
  • IT Center
  • Instagram
Universitas Gadjah Mada BAHASA DAN SASTRA PRANCIS
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Profil
    • Pengurus Prodi
    • Staf Pengajar
    • Strategi Pencapaian
    • Tujuan
    • Visi dan Misi
  • Akademik
    • Capaian Pembelajaran
    • Deskripsi Mata Kuliah
    • Filosofi Pendidikan
    • Peta Kurikulum
    • Sebaran Mata Kuliah
  • Kemahasiswaan
    • Magang
    • Praktisi Mengajar
    • Himpunan
      • Departemen
      • Dokumentasi
      • Program Kerja
      • Visi dan Misi
  • Kontak
  • Beranda
  • Kegiatan Program Studi
  • Program MBKM – Perjalanan Magang di Media Tempo

Program MBKM – Perjalanan Magang di Media Tempo

  • Kegiatan Program Studi, Magang, Rilis Berita
  • 31 July 2025, 14.08
  • Oleh: sastraroman
  • 0

Salah satu hal yang membuat saya merasa menjadi seseorang yang diberikan tanggung jawab atas kreatifitas saya yang akan dikonsumsi publik yaitu pengalaman pertama saya magang sebagai copywriter di Tempo Media. Waktu pertama kali masuk kantor, suasananya terasa intimate dan sunyi namun relax. Tidak yang kaku, tidak juga terlalu santai sampai lupa kerja. Orang-orang di tim kreatif Tempo tuh cepat, tajam, tapi juga terbuka buat diskusi. Salah satu hal yang saya suka, mereka tidak pelit memberikan feedback.

Sebagai copywriter, tugas saya adalah membuat schedule untuk platform social media X, untuk menaikan berita yang dikemas menggunakan kalimat headline yang dibuat untuk memudahkan publik membaca berita. Selain itu saya dipercaya untuk memegang social media Facebook yaitu mirroring, sebenarnya facebook dan x tugasnya merupakan hal yang serupa. Tetapi bedanya adalah X ditambahkan dengan pembuatan thread, dimana memudahkan audiens untuk membaca berita dengan bahasa yang santai dan lebih mudah dengan memberikan berita-berita yang serupa dengan tema yang diangkat. Menurut saya ini butuh kata-kata yang “bunyi” dan nyambung ke audiens. Ini tidak mudah seperti yang orang pikir dengan kata yang santai tetapi formal dan juga informatif. Karena kita belajar gimana caranya bikin orang berhenti scroll? Bagaimana caranya bilang sesuatu yang penting tapi tidak sok tahu? Di situlah aku belajar untuk menulis di media bukan soal “keren-kerenan diksi”, tapi soal kejelian membaca audiens.

Saya mempelajari ilmu baru yang banyak. Bukan cuma soal skill menulis yang makin tajam, tapi juga cara kerja tim media profesional. Saya jadi mengerti pentingnya revisi, kecepatan, dan kerja sama antara desainer, editor, dan copywriter. Aku juga belajar bahwa ide yang bagus itu tidak harus datang dari senior bahkan sebagai anak magang pun, idemu bisa dipakai kalau memang kuat dan relevan. Berita yang ringan juga bisa digunakan untuk menaikan engagement dengan permainan kata yang dapat mengantarkan makna tersirat itu sehingga audiens dapat menangkap informasi baiknya.

Suasana di Kantor Tempo yang santai pun tidak bikin stres. Karena Mentor-mentorku ramah, suka ngasih insight, dan tidak pelit pengalaman. Kami juga berbincang sambil bercanda, tapi tetap on track. Kadang ada juga waktu di mana kita stuck bareng karena mencari tema apa yang menarik. Tapi ini bagian dari proses saya belajar dan memberikan hal yang positif untuk diri sendiri.

Magang di Tempo Media bikin aku sadar bahwa jadi copywriter bukan cuma soal pintar main kata, tapi juga soal empati, kepekaan, dan keberanian buat terus belajar. Makna di balik setiap caption yang terlihat sederhana di Instagram, mungkin ada 3 orang yang begadang buat nulis, desain, dan menyusun waktu posting-nya.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Posts

  • Program MBKM – Pemasangan Koleksi Nalareksa dalam Ruang Pamer Museum UGM
    August 19, 2025
  • Program MBKM – Semaine de la Francophonie, Komitmen IFI Yogyakarta Memperkuat Promosi Budaya Prancis dan Frankofon di Indonesia
    August 19, 2025
  • Program MBKM – Deklarasi Dukungan Negara-Negara OKI untuk Kebebasan Palestina dalam “Jakarta Declaration” di Sidang ke-19 PUIC 2025
    August 19, 2025
  • Program MBKM – Menjalin Budaya Lewat Bahasa
    August 12, 2025
  • Program MBKM – Bahasa sebagai Peluang dalam Dunia Pariwisata
    August 12, 2025
Universitas Gadjah Mada

Bahasa dan Sastra Prancis
Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gadjah Mada
Jl. Nusantara 1, Bulaksumur Yogyakarta 55281, Indonesia
   sastraroman@ugm.ac.id
   +62 (274) 513096
   +62 (274) 550451

© 2025 - Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju